Rabu, 29 Mei 2019

Yuk, Nge-teh dengan Seduhan Bunga

Sobat, apa yang buat rileks sore hari saat penat melanda? Pasti akan mencari yang hangat, manis, dan menyehatkan. Teh hangat bisa jadi pilihan.

Sudah tahu kan, bahwa tradisi minum teh sore hari masih dipegang teguh oleh sebagian masyarakat di beberapa negara. Misalkan saja di Inggris. Minum teh sore hari atau sering disebut afternoon tea biasa dilakukan oleh masyarakat Inggris sembari menunggu makan malam tiba. Tradisi ini juga sebagai ajang berkumpul keluarga atau teman.

Lain lagi di Jepang. Tradisi minum teh atau disebut Chanoyu menjadi tradisi upacara sakral dalam menyambut tamu. Didalamnya terdapat filosofi bagaimana tuan rumah harus bersikap terhadap tamu, saling menghormati di antara keduanya. Penyaji teh adalah orang terpilih yang mempunyai ilmu tentang seni minum teh. Hal ini karena tuan rumah ingin menjamu tamu dengan sebaik mungkin.

Namun, tahukah bahwa sebenarnya tradisi minum teh berasal dari Tiongkok atau Cina. Masyarakat Tiongkok telah minum teh sejak ribuan tahun yang lalu hingga akhirnya tradisi ini menyebar ke berbagai negara.

Selain teh yang berasal dari daun Camelia sinensis, teh bisa juga dibuat dari kuntum-kuntum bunga yang cantik. Ini contohnya.
1. Rosela
Rosela kaya akan antioksidan sehingga baik untuk menjaga kesehatan. Cukup seduh dengan air mendidih, tunggu hingga warna air memerah lalu tambahkan madu. Minum selagi hangat.

2. Chamomile
Kalau teh satu ini membuat Sobat jadi relaks dan mudah tidur. Jadi kalau lagi nggak bisa tidur, seduhlah chamomile. Maka tidur jadi pulas.

3. Mawar
Pasti Sobat sudah tahu bunga dengan wangi khas yang satu ini. Bunga ini pun bisa dijadikan seduhan teh karena kaya dengan vitamin C.

4. Kembang telang
Teh dari Kembang Telang akan memberi warna biru yang cantik. Seduh bunga kering dengan air panas, diamkan sejenak. Tambahkan madu ketika akan diminum.

• Nah, ternyata bunga-bunga cantik itu tidak hanya indah dipandang ya. Dengan rutin meminumnya, kesehatan pun akan terjaga. Namun, carilah bunga-bunga yang yang tidak disemprot dengan pestisida ya agar racunnya tidak ikut masuk ke dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar