Minggu, 06 Oktober 2019

Menulis, Menulis, Dan Menulis

Entah mulai kapan, dunia tulis menulis mencuri perhatianku. Masa sekolah, khususnya SMA, menulis diari termasuk dalam kegiatan rutin. Nggak tahu ya, tata bahasanya seperti apa. Pokoknya nulis aja apa yang dirasa dan dipikir. Kebiasaan itu sempat hilang saat kuliah. Nggak terpikir untuk menyimpan kenangan saat kuliah dalam tulisan. Masa kerja, memang pernah diminta menulis artikel kesehatan di sebuah majalah. Tetapi, karena merasa kurang di sana sini, akhirnya memutuskan untuk berhenti memberi kontribusi karena ingin belajar menulis terlebih dulu.

Dua tahun lalu, pertama kalinya ikut training buat artikel di Joeragan Artikel. Terkejut karena harus menyelesaikan tantangan buat tiga artikel dalam waktu seminggu. Keringat dingin, dag dig dug karena tenggat waktu hampir habis, tapi baru judul yang disetor ke mentor. Ide nggak mau muncul. Setelah mentor sedikit "ngomel", baru deh adrenalin meningkat dan... taraa, selesai juga artikelnya. 

Alhamdulillah, sejak itu jadi rajin ikut training menulis. Walaupun belum konsisten. Prinsipnya, cari ilmu dulu banyak-banyak. Prakteknya, bagaimana semangat aja. Kalau lagi semangat dan ide bermunculan, hayuklah nulis. Ternyata, pikiran seperti itu malah membuat malas. 
"Nanti dulu, ah."
"Kok tulisannya belum bagus, ya. Malu"
"Nulis apa, ya? Nggak ada yang menarik."
"Lagi nggak mood nulis."

Banyak, kan alasannya. Akhirnya malah nggak mulai menulis. Menunggu dikejar deadline. Menunggu digertak. Menunggu ide jatuh dari langit yang pasti nggak mungkin adanya kalau nggak berusaha sendiri.

Setelah sekian lama, sadar diri. Kalau nggak bisa konsisten menulis, maka hasilnya nggak banyak berubah. Alah bisa karena biasa kata pepatah. 
Disinilah aku sekarang. Bersama teman-teman yang semangat menulis di komunitas @nulisyuk. Yang nggak lelah memberi semangat. Yang energinya selalu terbarukan ketika membaca tulisan mereka. 

Semoga jalan kebaikan itu Allah bukakan sehingga aku bisa menjadi bagian dari dunia literasi.

#nulisyuk
#belajarmenulis
#nulisyukbatch37

Tidak ada komentar:

Posting Komentar