Sabtu, 07 Maret 2020

Air

"Pernahkah kamu memperhatikan air yang kamu minum? Kamukah yang menurunkannya dari awan ataukah Kami yang menurunkan? Sekiranya Kami menghendaki, niscaya Kami menjadikannya asin, mengapa kamu tidak bersyukur? " QS Al Waqi'ah: 68-70

Allah, betapa Maha Baik- nya Dia. Mencipta air yang bening lagi tawar sebagai penawar dahaga bagi makhluk yang ada di bumi. Kita hanya menerima keberadaan air, menikmatinya, bahkan sering membuang-buangnya.

Di belahan bumi lain, kekeringan kerap melanda. Hujan jarang turun. Tanah mengeriput menanti basuhan air. Hewan dan tumbuhan menanti dalam sabar, kapan hujan datang sehingga air minum berlimpah. Manusia pun sama. Menanti nyanyian hujan yang mengetuk atap rumah.

Pastilah air dinanti banyak makhluk hidup, terutama manusia. Dengan banyaknya keperluan harian, kita tidak mungkin berlepas dari air. Mandi, menyuci, memasak, istinja, semua perlu air. Apalagi kita ini dicipta 60 persen terdiri dari air.

Metabolisme tubuh kita menjadi tidak optimal saat kita kurang air. Pembuangan zat racun sisa metabolisme tubuh akan terganggu. Yang akhirnya racun-racun itu akan mengendap dalam tubuh, mengganggu kesehatan. Ya, karena airlah yang membawa zat-zat racun itu ke tempat pembuangannya seperti ginjal, paru-paru, kulit, dan usus besar.
Air juga yang membantu sel mengolah nutrisi yang masuk. Menjadikannya energi bagi aktivitas tubuh.

Maka jangan sia-siakan air seakan ia tidak berguna bagi kita. Menyisakan air minum dalam kemasan hanya untuk dibuang, duh... kok rasanya kurang bersyukur ya. Tidak boleh ada perkataan ah, cuman air ini. Seakan menyisakan air dalam kemasan lalu membuangnya adalah hal yang biasa.

Alhamdulillah, Allah masih menurunkan hujan. Bersyukur Allah masih memberi sumber air yang baik. Kita masih bisa minum saat haus. Air masih terasa segar, bukan asin.

Sadarilah, jika air tidak lagi diturunkan. Jika air terasa asin, hingga saat meminumnya tidak juga menghilangkan dahaga. Jika kita tidak bisa lagi minum karena kerongkongan sakit. Tidak bisa minum banyak karena ginjal sakit. Mau ke mana dan mau berbuat apa.

Saat nikmat dicabut satu-satu, yang ada hanya penyesalan karena tidak bersyukur saat masih diberi air yang berlimpah. Hargailah dan gunakan air secukupnya. Agar kita tidak kufur nikmat. Allah, masukkan kami ke dalam golongan hamba-hamba Mu yang selalu bersyukur.

#30DWCJilid22
#pejuang30dwc
#Day21
#Squad4
#pengingatdiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar