Jumat, 13 Maret 2020

Penantian

"Buuu... kucingnya sudah lahiran," Elsa berteriak memanggil ibunya. Terlihat tiga bayi kucing yang mungil dan menggemaskan. Masih rapuh untuk dipegang. Induk kucing hanya mendengkur melihat kedatangan Elsa dan ibunya.

Itu hanya sekelumit cerita yang sering dialami makhluk hidup. Kelahiran memang sesuatu yang ditunggu. Kebahagiaan akan kehadiran anggota baru seperti aroma musim semi setelah dingin berlalu. Penuh dengan cerita.

Keahiran adalah satu fase kehidupan, sebelum proses tumbuh dan berkembang. Untuk melestarikan generasi, menghindari kepunahan. Apa jadinya jika makhluk hidup tidak diberi karunia melahirkan? Bumi akan kosong. Yang menua akan tiada, bumi gersang tak ada kehidupan.

Semua adalah keseimbangan. Allah yang menjaga kelestarian makhluk. Allah pula yang kelak akan mematikan. Kita sebagai makhluk hanya menjalani yang telah ditetapkan.

Memang tidak semua dapat melahirkan generasi berikutnya. Itu semua adalah kehendak-Nya. Sebagai hamba tidak boleh menyalahkan keadaan. Tidak boleh mencari-cari kelemahan. Tidak pantas pula menyalahkan Sang Pencipta.

Apa yang kita inginkan, belum tentu diberi oleh Allah. Dia hanya memberi apa yang kita butuhkan. Keinginan kita sangat banyak. Bahkan keinginan yang tidak kita perlukan pun kita minta. Tetapi Allah Mahatahu keperluan kita. Karenanya hanya itulah yang diberikan.

"Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui."
Quran surat Al Baqarah ayat 216.

Keinginan kita bisa jadi tidak semua berakhir baik. Mungkin kelak ketika kita diberi apa yang diinginkan, kita malah menjadi orang yang sombong. Orang yang lupa dengan semua nikmat. Karenanya menerima dengan ikhlas pemberian, tentu lebih melapangkan hati.

Allah saja yang mengetahui kejadian di masa depan. Allah yang menakdirkan kelahiran. Sehingga ketika belum diberi, hanya kesabaran dan ikhtiar yang diminta. Sabar yang tidak berbatas. Sabar seluas langit dan bumi.

#Day27

Tidak ada komentar:

Posting Komentar