Minggu, 01 Maret 2020

Kolesterol, Sahabat Tubuhmu

Coba, coba... kalau mendengar kata kolesterol, apa sih yang terlintas dalam pikiran? Kelebihan lemak, penyakit jantung, stroke. Hii.. kenapa seram-seram ya. Padahal kolesterol itu ciptaan Allah juga, lho dan nggak ada ciptaan Allah itu yang sia-sia. Lantas kenapa banyak yang takut dengan kolesterol? Mungkin karena belum kenal. Tak kenal maka tak sayang. So, mari kita cari tahu apa itu kolesterol.

Kolesterol adalah senyawa lemak yang diproduksi hati. Jadi sebenarnya tubuh kita bisa memproduksi kolesterol sendiri. Jumlahnya 80 persen diproduksi oleh tubuh dan 20 persen dari makanan yang kita makan. Tapi sepertinya kolesterol yang kita konsumsi lebih dari dua puluh persen, ya. Maka jadilah kadar kolesterol makin bertambah dari normal.

Sebenarnya Allah memberi kolesterol itu untuk membantu tubuh membuat hormon, vitamin D, dan zat yang membantu pencernaan. Dan kolesterol yabg diproduksi tubuh tidak berlebihan. Gaya hidup kita yang mengubah keseimbangan yang ada.

Jika kolesterol di jaringan berlebih, maka kolesterol high density lipoprotein (HDL) yang akan membawa kelebihan itu ke hati untuk dibuang. Tapi kalau makanan yang dimakan selalu mengandung lemak, lama-lama hati akan kewalahan untuk mengolahnya. Hingga akhirnya kelebihan lemak itu dibawa lagi oleh kolesterol low density lipoprotein (LDL) ke seluruh sel tubuh juga ke dalam darah. Jadilah saat memeriksa laboratorium kadarnya dalam darah meningkat.

Melihat peran yang dilakukan HDL dan LDL itulah, disebutkan kolesterol baik dan kolesterol jahat. Padahal nggak ada yang buruk. Karena memang begitulah perintah Allah pada kolesterol LDL, untuk menjaga keseimbangan tubuh terutama organ hati. Nggak kebayang jika kolesterol LDL nggak ada, lemak akan bertumpuk-tumpuk di hati nggak ada yang membawanya keluar untuk mengurangi beban kerja hati. Bagaimana jadinya tubuh ini?

 Maka agar kolesterol tidak menumpuk di sel-sel tubuh dan darah, perbaiki gaya hidup kita. Kurangi makanan-makanan yang akan membentuk lemak tubuh seperti lemak trans yang ada di kue, cake, makanan dari tepung, makanan olahan, gula, dan lain-lain.

Bantu hati kita agar tidak lelah mengolah lemak berlebih dengan mengatur makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Tinggalkan makanan yang tidak perlu. Karena tubuh masih menyimpan cadangan makanan yang akan diolah menjadi energi, meskipun kita tidak makan sumber karbohidrat setiap hari.

Dan jangan lupa bersyukur karena Allah beri kolesterol HDL dan LDL sebagai salah satu komponen tubuh untuk menjaga keseimbangan lemak dalam tubuh kita. Semua yang diciptakan oleh-Nya pastilah memberi manfaat bagi kita dan seimbang dalam segala hal.

#30DWCJilid22
#Day15
#Squad4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar