Jumat, 28 Februari 2020

Emosi? Jangan Dituruti

Emosi berpengaruh pada kesehatan? Begitulah menurut Pengobatan Timur. Emosi adalah karunia Allah. Diberikan agar kita dapat merasakan dan beradaptasi dengan lingkungan. Tanpa emosi, bagaimana cara kita bersosialisasi dengan orang lain? Sulit, bukan?

Saat ada berita duka, wajah kita datar nggak menanggapi. Waktu gembira pun, wajah kita datar. Terbayang bagaimana jika di dunia semua manusia tanpa emosi. Bertemu tetangga, tanpa senyum. Kok seram, ya.

Emosi yang normal memang diperlukan. Tetapi jika berlebihan, emosi itu akan menyakiti organ tubuh. Misalnya pemarah. Sedikit-sedikit marah karena hal nggak jelas. Bahkan ikut emosi ketika mendengar atau membaca berita di media, orang lain punya masalah kita juga ikut sewot. Hati-hati karena mereka yang suka marah, cenderung terkena penyakit hipertensi.

Waktu marah, jantung akan bekerja lebih cepat agar darah ke otak bisa tercukupi. Hormon anak ginjal akan diproduksi untuk menyeimbangkan kerja jantung. Nah, keseringan marah jantung akan dipaksa kerja keras yang akhirnya tekanan darah akan naik. Sayang kan, hanya karena emosi tidak terkendali kita malah sakit.

Apalagi sebagai muslimah, titik emosi ada di hampir sebagian besar otak. Sehingga emosi lebih dominan. Perhatikan saja muslimah ketika menonton acara televisi, baca buku romantis atau kisah sedih, air mata sering mengucur deras. Itulah emosi. Bahkan waktu gembira pun malah menangis.

Karena emosi lebih dominan, hendaknya muslimah dapat mengendalikannya sesuai dengan aturan Allah. Boleh emosi asal tidak berlebih. Menanggapi sesuatu pun secukupnya saja. Jangan terbawa suasana. Jangan mudah tersulut berita yang belum jelas kebenarannya. Jangan pula ikut menyebarkan isu.

Kadang isu atau berita yang tersebar sudah ditambah bumbu-bumbu penyedap sehingga berita sudah tidak asli. Maka kendalikan hati hanya karena Allah saja. Hati yang tenang kunci hidup sehat. Jangan abaikan menjaga hati. Lembutkan dengan banyak membaca Al Quran. Hindari mendengar berita-berita yang mengumbar kebencian pada sesuatu. Mintalah pertolongan Allah, agar Ia selalu menjaga hati kita dari emosi negatif.


#30DWCJilid22
#Day13
#PengingatDiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar