Selasa, 25 Februari 2020

Iman Is Imun

Sebagai muslimah, seharusnya kita banyak bersyukur dengan begitu berlimpahnya nikmat dari Allah. Coba kita pikirkan. Sudah berapa lama kita hidup? 20 tahun, 30 tahun? Begitu lama hidup, berapa kali sakit? Setiap harikah? Sebulan sekali atau setahun sekali? Kalau batuk pilek, pasti pernah mengalami. Tapi dengan istirahat cukup, insya Allah tubuh akan kembali pulih.

Mengapa tubuh bisa menyembuhkan dirinya sendiri? Itulah bukti kasih sayang Allah untuk kita. Diberi-Nya sebuah sistem hebat untuk menangkal benda asing yang masuk yaitu sistem imun. Mulai dari luar tubuh hingga ke sel, bertebaran tentara-tentara Allah yang menjaga kesehatan kita. Kulit, bulu hidung, pigmen warna kulit, lendir yang ada di mukosa hidung adalah pertahanan yang menghadang kuman dan aktivitas asing merusak tubuh.

Lebih ke dalam, Allah siapkan asam lambung, air mata, pengatur keasaman tubuh yang akan siap siaga mempertahankan diri. Belum lagi sel darah putih beserta keluarganya, akan terus beredar dalam pembuluh darah siang malam tanpa henti, layaknya penjaga ronda, mencari dan mendeteksi benda asing yang merusak untuk kemudian dihabisi.

Pernah bermain game Pac-Man? Maka seperti itulah keluarga sel darah putih yang bernama makrofag mengejar benda asing. Tidak akan berhenti sebelum menangkap dan menghancurkannya.

Sebenarnya bakteri pun memegang peran dalam menjaga imunitas tubuh. Adanya bakteri normal yang berkembang biak di kulit dan saling berbagi tugas, akan menbentuk lingkungan yang baik bagi mereka dan tidak nyaman bagi pendatang asing yang bermaksud tidak baik bagi tubuh.

Begitu Maha Kuasa-nya Allah, mencipta hal-hal kecil demi kelangsungan hidup kita. Kita sebagai hamba hendaknya ikut menjaga imunitas kita dengan kehidupan yang baik sesuai fitrah penciptaan manusia. Menghamba, tunduk patuh pada aturan-Nya.

Ketika kita beriman dan hati selalu terpaut pada Allah, secara otomatis tubuh kita akan sehat. Karena hati yang senantiasa mengingat Allah, akan tenang (Qs Ar Ra'du:28). Ketenangan hati adalah kunci bagi berlimpahnya hormon bahagia, yang tentu saja akan memperkuat sistem imun kita. Maka jagalah hati, jagalah iman agar sistem imun kita bahagia dan bekerja maksimal sesuai aturan Allah.

Sumber bacaan : Misteri Laskar Imun - Tauhid Nur Azhar, dkk


#30DWCJilid22
#Day10
#Squad4
#PengingatDiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar