Kamis, 27 Februari 2020

Rempah Bikin Sehat

Wanginya sudah menyeruak saat menuju pintu timur pasar Beringharjo. Hmm... bisa-bisa kalap belanja nih. Karena melihat begitu banyak rimpang segar yang dijual di sini. Sudah tahu, kan wangi apa yang dimaksud? Ya, wangi rempah dan bahan-bahan lain yang sering digunakan untuk membuat jamu.

Betapa Indonesia dikaruniai tanah subur sehingga tanaman, pohon, rempah, tumbuh subur di sini. Semua bermanfaat bagi kita. Sebagai bahan makanan pokok, sayuran yang kaya vitamin dan zat fitokimia, herba berupa rimpang dan dedaunan untuk menjaga kesehatan dan pengobatan, juga rempah untuk bumbu masak dan obat.

Dengan banyaknya bahan makanan dan rempah, seharusnya kita menjadi bangsa yang sehat. Karena di setiap piring kita, beragam warna sayur dan rempah terhidang setiap hari. Jahe, misalnya. Di musim hujan seperti ini, jahe menjadi penghangat badan yang banyak dicari. Wedang ronde, bajigur, sup rempah, dan lainnya terasa nikmat di kala hujan.

Sebagai muslimah yang kelak menjadi ibu, hendaknya rajin mengonsumsi rimpang dan rempah. Apakah itu sebagai minuman atau menjadi bumbu penyedap dalam makanan. Dengan banyaknya kandungan zat-zat bermanfaat dalam rimpang dan rempah, tubuh akan sehat.

Alangkah baiknya tradisi minum jamu yang telah dilakukan nenek moyang kita ratusan tahun lalu, dihidupkan kembali dalam keluarga. Dengan merebaknya kedai jamu di beberapa tempat, jamu tidak lagi sulit ditemui. Tinggal kita mengajak keluarga terutama anak-anak agar terbiasa minum jamu. Lebih baik minum jamu, dari pada thai tea. Lebih baik menjaga kesehatan, dari pada mengobati penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar